Selamat kepada perusahaan Klöcker yang telah memasuki usia 175 tahun, suatu prestasi yang luar biasa saat ini. Jika berdasarkan survei pada tahun 1955, rata-rata usia perusahaan adalah 61 tahun, namun saat ini usia perusahaan menjadi semakin pendek, hanya sekitar 17 tahun saja. Mencapai usia 175 tahun dan melewati berbagai zaman yang berbeda, yang dimulai dari German Empire, the Weimar Republic, the Third Reich, and the Federal Republic merupakan perjalanan yang sangat panjang. Tentunya telah banyak pengalaman berharga yang telah didapatkannya sehingga selalu mampu beradaptasi dengan segala perubahan zaman.

Karya dari perusahaan Klöcker ini tidak hanya dirasakan di Jerman, namun juga merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Karya perusahaan ini telah mewarnai dan meningkatkan hubungan Indonesia dengan Jerman lewat diplomasi publik. Hubungan yang terjalin antar warga negara (perorangan) atau perusahaan dalam kancah internasional. Diplomasi publik ini telah menjadi bagian penting dalam komunikasi internasional atau antar budaya saat ini. Pemerintah di banyak negara juga telah mendorong semakin intensifnya hubungan diplomasi publik di dunia yang telah sangat saling terkoneksi saat ini. Hubungan antar warga negara ini diyakini lebih dapat bertahan lama dan mampu membangun relasi hubungan yang lebih baik karena bebas dari kepentingan ekonomi dan politik yang sering berubah saat ini.

Sebagai contoh hubungan diplomasi publik yang berkembang dengan baik adalah hubungan antara perusahaan Klöcker dan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia. Melalui suatu pertemuan sederhana pada tahun 2009, perusahaan Klöcker yang memiliki cabang di Bandung, Jawa Barat telah merintis suatu hubungan kerja sama yang berlangsung hingga saat ini. Bentuk kerjasama yang dibangun adalah dengan melakukan pertukaran pelajar. Saat itu perusahaan ini menjadi pihak penghubung antara Unika Atma Jaya dengan Universitas Sains Terapan Wesphalian di Jerman. Pada waktu itu perusahaan Klöcker juga turut serta membantu pembiayaan mahasiswa yang dikirimkan untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini. Sebagai upaya rintisan pada tahun 2010 dikirimkan dua orang mahasiswa untuk melakukan studi di Universitas Sains Terapan Wesphalian di Jerman selama satu semester.

Rintisan program pertukaran pelajar yang sederhana ini, ternyata berkembang menjadi semakin besar saat ini. Setiap tahun jumlah mahasiswa Unika Atma Jaya yang dikirim ke Jerman semakin meningkat, demikian juga dengan mahasiswa dari Jerman yang dikirim ke Unika Atma Jaya. Saat ini telah terdapat lebih dari 60 mahasiswa yang merupakan alumni program pertukaran pelajar ini. Mereka telah berkarya di berbagai perusahaan ternama di Indonesia di berbagai sektor. Ada di sektor otomotif, perbankan, transportasi dan lain sebagainya. Pengalaman berharga yang telah mereka terima di Jerman sewaktu mengikuti program pertukaran pelajar telah memberi nilai tambah bagi kesuksesan karier mereka di berbagai perusahaan tersebut. Tidak hanya itu saja, beberapa diantara para alumni juga menjadi lebih berminat untuk melakukan studi lanjut di berbagai negara di Eropa setelah wawasan mereka terbuka karena ikut serta dalam program pertukaran pelajar ini.

Program ini awalnya hanya diikuti oleh mahasiswa Administrasi Bisnis saja, namun sekarang telah berkembang dimana mahasiswa yang berasal dari program studi Ilmu Komunikasi, Ekonomi dan Fakultas Teknik juga telah turut terlibat dalam program ini. Program yang awalnya dirintis dan diinisiasi oleh perusahaan Klöcker ini juga telah membawa suasana internasionalisasi yang lebih luas bagi Unika Atma Jaya dan Universitas Sains Terapan Wesphalian. Melalui program ini kami berhasil mendapatkan beasiswa Erasmus+ dari Uni Eropa selama dua tahun berturut-turut yang memungkinkan semakin banyak mahasiswa pertukaran pelajar yang bisa dikirimkan. Selain itu saat ini kami juga sedang melaksanakan program internasional lain yaitu GIPE (Global Intercultural Project Experience) yang berlangsung sejak 2019 sampai dengan 2023 dan melibatkan 4 negara yang berasal dari 4 benua, dari Jerman, Indonesia, Namibia dan Peru. Kerja sama internasional yang bisa terjalin menjadi semakin berkembang dan melibatkan lebih banyak negara.

Banyak hal telah dapat kami hasilkan dalam kancah internasional saat ini, dan itu berawal dari pertemuan sederhana yang terjadi antara kami dengan perusahaan Klöcker pada tahun 2009. Hubungan antar bangsa menjadi lebih erat dan lebih luas cakupannya karena bantuan dari perusahaan Klöcker. Hubungan kerjasama ini diharapkan dapat terus terjalin dengan erat. Hubungan antar warga negara yang baik akan mempengaruhi hubungan antar negara. Saling pemahaman antar budaya menjadi tercipta untuk menuju kondisi dunia yang semakin baik di masa yang akan datang.

Terima kasih dari kami untuk perusahaan Klöcker yang telah merintis kerja sama yang baik hingga sekarang. Pengalaman yang kami dapatkan, merupakan pengalaman yang sangat berharga. Semoga banyak hal baik lainnya yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk mewujudkan kehidupan dunia yang lebih baik bagi seluruh umat manusia. Selamat ulang tahun ke 175 Gbr. Klöcker, GmbH.